Penggunaan Snap pada Indesign

Grid adalah alat bantu dalam proses mengolah objek Indesign, ini merupakan hal penting dan ndak boleh ketinggalan karena dengan grid kita bisa membuat dokumen kita lebih rapi, ndak ada yang nggak lurus antara objek satu dengan yang lain.

Untuk mengantur setting grid kita klik menu  edit > preference > general atau bisa langsung aja tekan ctrl+k kemudian aturlah setting document grid seperti gambar dibawah ini (yang ada didalam kotak) :

Penggunaan Snap pada Indesign

Sebelum masuk kedalam “snap pada dokumen grid” kita harus tau dulu cara memunculkan grid atau jaring pada dokumen kita, langkahnya klik menu view > show document grid atau Anda bisa tekan ctrl+’, maka Anda akan melihat dokumen Anda telah dilengkapi dengan grid.

Penggunaan Snap pada Indesign-1

  1. Buatlah rectangle/ persegi empat dengan ukuran sembarang sebagai sample contoh.
  2. Kemudian Anda gerakkan objek tersebut dengan menggunakan selection tool atau klik V maka objek tersebut tidak berpengaruh dengan document grid yang tadi kita sudah terapkan.
  3. Untuk mengaktifkan snap klik menu view > grids and guids > snap to document grid atau tekan ctrl+shift+’.
  4. Coba gerakkan lagi objek rectangle dengan menggunakan selection tool atau tekan V maka objek tersebut akan berpengaruh kepada grid.
  5. Eh..jangan lupa aktifkan juga snap pada guides dengan klik menu view > grids and guides atau tekan ctrl+shift+; yang dipergunakan untuk memandu Anda dalam mengolah text atau objek pada garis bantu / guides.

Semoga bermanfaat. Ini videonya : 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: